Ilmu komunikasi? check this out!
Komunikasi saja kok pake kuliah segala? Mungkin masih banyak orang awam yang berpikiran seperti itu. Tulisan saya disini adalah tentang jurusan kuliah saya, dimana saya ingin banyak bercerita tentang asyiknya kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi.
Sewaktu SMA kelas 3, saya memilih-milih jurusan kuliah yang menarik dan tidak ada hitung-hitungan alias matematika! Hahaha. Lalu kata Ayah saya, ada jurusan yang sesuai dengan kesukaan saya menulis yaitu Ilmu Komunikasi. Selanjutnya saya mulai mencari tahu tentang jurusan ini. Wah, ternyata jurusan ilmu komunikasi sebenarnya merupakan salah satu jurusan favoritnya anak IPS. Saya takjub, ternyata di beberapa universitas negeri jurusan ini passing grade-nya lumayan tinggi juga. Ternyata, kata Ayah saya, Ilmu Komunikasi lagi ‘ngetren’ saat ini karena banyaknya lapangan pekerjaan yang butuh lulusan dari jurusan ini. Loh, Ilmu Komunikasi nanti kerjanya ngapain sih? Lulusan jurusan Ilmu Komunikasi bisa bekerja di bidang humas, advertising, broadcasting, dan masih banyak lagi.
Apa sih Ilmu Komunikasi itu?
Kenapa passing grade-nya nggak beda jauh dari jurusan unggulannya anak IPS seperti Ekonomi atau Hukum? Mengutip sedikit dari materi kuliah saya (sedikit saja, biar nggak bosan :D), Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek-aspek komunikasi dan prakteknya. Mahasiswa Ilmu Komunikasi memandang proses komunikasi adalah sebagai gabungan antara seni dan ilmu dalam mengolah pesan. Kalimat saktinya anak komunikasi adalah “we cannot not communicate” yang artinya kita manusia sebagai makhluk sosial akan selalu berkomunikasi. Bahkan, diam pun bisa diartikan berkomunikasi yaitu berusaha menyampaikan suatu pesan walaupun tanpa kata-kata (komunikasi non verbal). Singkatnya, komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari proses bagaimana suatu pesan disampaikan dari sumber (source), melalui media (channel), kepada penerima pesan (receiver). Lalu kemudian bagaimana membuat pesan menjadi efektif sehingga dapat dimaknai oleh penerima pesan dan dapat menghasilkan feedback (timbal balik/komunikasi dua arah). Komunikasi disini dipelajari mulai komunikasi dengan diri sendiri, komunikasi antara dua orang, komunikasi dalam kelompok/organisasi, hingga komunikasi dengan massa/orang banyak seperti contohnya media massa menyampaikan pesan kepada masyarakat. Menurut saya, salah satu kunci dari kelangsungan suatu perusahaan adalah komunikasi yang baik. Oleh karena itu, akan sangat banyak perusahaan yang membutuhkan seorang lulusan jurusan Ilmu Komunikasi. Sudah mulai bosan? Sekarang, saya akan bercerita tentang beberapa mata kuliah yang ‘komunikasi banget.
Public Relation
Suka tampil dan pintar berbicara? Anda pasti suka mata kuliah yang satu ini. Public relation dianggap sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi untuk meraih pengertian dan dukungan publik. Singkatnya, anda belajar menjadi seorang humas. Salah satu yang dipelajari dalam mata kuliah ini adalah public speaking.
Komunikasi Massa
Mata kuliah ini mempelajari tentang penyampaian pesan ke masyarakat luas melalui media elektronik, cetak, dan mungkin juga internet (new media). Jurnalistik dan broadcasting termasuk yang dipelajari disini.
Komunikasi Pemasaran
Mata kuliah ini memberikan konsep-konsep dasar pemasaran yang terutama meliputi konsep tentang perilaku konsumen, segmenting, targeting, positioning dan bagaimana merancang rencana pemasaran yang realistis dan komersil. Salah satu tugas kuliah saya disini adalah re-branding yaitu mengemas produk yang sekarang sudah tidak diproduksi kembali menjadi menarik melalui konsep-konsep dasar pemasaran diatas. Menarik ya!
Teori Komunikasi
Eits, jangan buru-buru close tab membaca kata-kata teori karena teori komunikasi it’s so fun! Tidak seperti belajar rasanya. Mata kuliah ini mempelajari teori-teori dalam komunikasi agar dapat menghasilkan proses komunikasi yang efektif. Salah satu teori favorit saya adalah Teori Pengurangan Ketidakpastian. Teori ini menjelaskan tentang bagaimana komunikasi dapat digunakan untuk mengurangi ketidakpastian dalam pembicaraan antara orang asing yang terlibat dalam pembicaraan untuk pertama kali. Wah, kenalan saja ada teorinya ya.
Komunikasi Antar Pribadi
Mata kuliah favorit saya! Belum pernah ada kan, kuliah yang materinya diajarkan dosen bagaimana menjalin hubungan asmara yang baik? Di mata kuliah ini, dosen saya mengajarkan itu! Hahaha. Mata kuliah ini mempelajari komunikasi yang melibatkan dua pribadi/orang.
Komunikasi Lintas Budaya
Mata kuliah favorit saya yang kedua. Mata kuliah ini mempelajari perbedaan kebudayaan antar satu daerah dengan daerah lainnya dan bagaimana cara membuat komunikasi yang baik dengan perbedaan budaya tersebut. Dalam kegiatan perkuliahan saya, mata kuliah ini banyak diisi dengan menonton film yang memperlihatkan perbedaan budaya antara satu daerah dengan daerah yang lain.
Creative Design Broadcasting
Ingin mencoba menjadi tim kreatif suatu program acara? Disinilah tempatnya. Mata kuliah ini merupakan praktik untuk membuat suatu program acara yang menarik dan disukai oleh masyarakat.
Praktek Televisi Non-Berita
Mata kuliah ini mempelajari proses pembuatan produksi program televisi non berita. Tugas kuliah saya disini adalah membuat program infotainment kampus! Seru ya.
Gender dan Media
Mata kuliah ini unik menurut saya karena disini membahas bagaimana media mempunyai jenis kelamin. Maksudnya disini adalah segmentasi target dari media massa. Saya baru mengikuti mata kuliah ini beberapa kali jadi saya pun masih kurang paham lebih dalam lagi tentang mata kuliah ini.
Prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi
Jadi Produser acara
Jadi Reporter
Jadi Jurnalis
Jadi Custumer
Jadi Manager Media
Jadi Lobbying
Jadi Manajer Event
Jadi Manajer Kampanye
Jadi Manager Marketing
Jadi event organizer
Perencanaan Advertising
Jadi Konsultasi Komunikasi
Jadi Trainer / Motivator
Kurang lebih itulah Prospek Kerja dari Ilmu Komunikasi, sebenernya sih masih banyak yang lain. Yang paling sering menjadi rujukan Para Lulusan Ilmu Komuniasi menjadi seorang Manager Marketting dan Menjadi Custumer di sebuah Perusahaan Negeri atau Swasta.
Foto : www.google.com
Artikel : www.jurusankuliah.net
www.wikipedia.org
http://muda.kompasiana.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar